Rabu, 08 November 2017

MEMBUAT SENDIRI INSEKTISIDA BOTANI




Insektisida dari beberapa jenis tanaman


Bahan : daun mimba 8 kg, daun lengkuas 6 kg dan daun serai 6 kg.

Cara pembuatan:
Bahan-bahan tersebut dihaluskan kemudian diaduk dalam 20 liter air dan direndam selam 24 jam. Keesokan harinya larutan disaring dengan kain halus. Larutan ini diencerkan dengan 60 liter air sambil dicampur dengan 20 gram sabun colek atau ditergen. hasil ini dapat digunakan untuk menyemprot lahan seluas 1 hektar.




Insektisida dari daun Babadotan

Daun Babadotan (Agregatum conyzoides) gulma yang mengandung sapronin, flavanoid, polifenol dan minyak atsiri.

Cara pembuatan:
Daun babadotan ditumbuk halus kemundian direndam 10 gram bubuk daun dalam 100ml pelarut metanol.
Jika pelarut sulit diperoleh, dapat dipakai detergen dengan cara merendam 0,5 kg daun babadotan dalam 1 leter air ditambah 1 gram detergen. campuran ini diendapkan selam satu malam. Cairan hasil ekstraksi dicampur dengan air dengan konsentrasi 1%(cairan ekstraksi dicampur dengan 1 liter air), cairan ini sudah cukup beracun bagi serangga.
Tepung daun babadotan jika dicampur dengan tepung terigu mampu menghambat pertumbuhan serangga menjadi kepompong.

Insektisida dari daun Sirsak

Bahan terdiri dari 50 – 100 lembar daun sirsak ditumbuk halus kemudian dilarutkan dalam 5 liter air yang dicampur dengan 15 gram sabun colek, selanjutnya diendapkan selama semalam. Disaring dengan kain halus. hasil penyaringan diencerkan dengan 50 – 75 liter air.
Digunakan untuk mengendalilkan hama thrips yang menyerang cabai.


Insektisida dari minyak Biji Mimba

Biji mimba 50 gram ditumbuk halus dilarutkan dalam 10 cc alkohol dan diaduk. Larutan ini diencerkan dengan 1 liter air lalu diendapkan semalam. Larutan disaring dengan kain halus.
Ramuan ini dapat mengendalikan hama wereng coklat, penggerek batang, dan nematoda yang mengganggu tanaman semusim seperti padi. hama akan mati 2 – 3 hari setelah penyemprotan.

Insektisida dari Bawang Putih

Umbi bawang putih ditumbuk halus, lalu direndam dalam minyak tanah dnegan perbandingan 1 bagian bawang putih dalam 2 bagian minyak tanah. Campuran ini diendapkan selam 24 jam atau lebih, kemudian disaring dengan kain halus. Larutan pekat ini dapat disimpan lama dalam botol tertutupl. Penyemprotan, campurkan 3 sendok teh minyak bawang ke dalam 1 liter air ditambah dengan 2 sendok teh sabun cair. Minyak bawang putih dapt berffungsi sebagai penolak kehadiran serangga (repelen) yang efektif.

Insektisida dari Biji Mahoni

Biji mahoni (switenia marchophylla) ampuh untuk mengusir walang sangit (Leptocorisa oratorius) pada tanaman padi.
Larutan perasan biji mahoni dengan konsentrasi 3% sangat efektif untuk mengendalikan kutu daun (Macrosiphohella sanborni) pada tanaman krisan.
Pembuatan dengan cara mencampurkan 3 gram biji mahoni dalam 100 ml air, kemudian dihaluskan dengan blender. Cairan ini kemudian disaring dan dapat disemprotkan pada tanaman yang terserang tingkat kematian yang dihasilkan bisa mencapai 90% lebih pada hari keempat setelah aplikasi.

Insektisida dari Daun Sirih

Air perasan 300 gram daun sirih dicampur dengan 1 liter air mampu mengenalikan jamur Phythopthora palmivora penyebab busuk pangkal batang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar